Saturday, September 01, 2007

Student Community Service

Eksploitasi Air Gua Plawan Dengan Energi Terbarukan adalah The Best Student Community Service 2006 dan calon kuat tahun ini di Universitas Gadjah Mada. Robby juga tergabung dalam KKN-PPM Eksploitasi Air Gua Plawan Dengan Energi Terbarukan tahap yang ke III. Robby sebagai Fund Raiser, kegiatan yang selama dua bulan dari bulan Juli awal benar-benar membuat Robby antusias, disana melanjutkan program dari KKN tahap I dan II.

KKN-PPM tematik Eksploitasi Air Gua Plawan Dengan Energi Terbarukan dicetuskan oleh saudara Andityo Nurwanto (Atmo) lebih dari 1 tahun yang lalu. Melihat daerah Kabupaten Gunung Kidul yang dilanda bencana kekeringan, saudara Atmo mempunyai ide untuk mengangkat sumber air yang ada. Di Desa Giricahyo, Kab.Gunung Kidul, Kec.Purwosari, D.I. Yogyakarta terdapat Gua yang dinamakan Gua Plawan, didalam sana terdapat sungai bawah tanah yang mengalir deras. Inpirasi tersebut membawa saudara Atmo tergugah dan membentuk KKN tematik yang bertemakan Eksploitasi Air Gua Plawan Dengan Energi Terbarukan.

Pada tahap I KKN dilakukan site investigation dan pemasangan pipa galvanis menuju pemukiman warga. Pada tahap II melanjutkan rencana sistem yang sudah ada dengan pemasangan pompa dan generator set serta pipa transmisi sampai ke Dusun Gabug, ditahap ini air berhasil keluar dan ditampung di reservoir sementara. Tahap III meneruskan pipa transmisi ke Bukit Giriatiati dan dibukit tersebut dipasang reservoir utama dan disalurkan ke 2 hidran umum yang terletak didusun Gabug dan Wuni.

Sistem yang sudah berjalan akan disempurnakan dengan solar cell, solar cell sangat cocok dengan tema energi terbarukan. Sistem Penyediaan Air Minum ini sudah diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum tanggal 25 Agustus 2007 yang lalu. Selain fund raiser, Robby juga diberi tanggung jawab sebagai ketua peresmian program tersebut. Humas, mailing list, dan update website juga merupakan tugas Robby.

No comments:

Post a Comment